Sel Prokariotik & Eukariotik: Perbedaan & Persamaan

4.6
(26)

Sel prokariotik dan eukariotik adalah dua tipe sel makhluk hidup di Bumi. Terdapat banyak perbedaan diantara keduanya. Namun, ada tidaknya karioteka (membran inti) adalah pembeda utama yang menjadi ciri khas keduanya.

Membran inti merupakan selaput yang memisahkan material genetik dan pengikatnya dalam inti sel, dengan sitoplasma. Dua jenis sel makhluk hidup, sel eukariotik dan sel prokariotik dibedakan berdasarkan ada tidaknya membran yang disebut juga dengan karioteka ini.

Meski demikian, perbedaan keduanya tidak hanya sampai disitu. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari persamaan dan perbedaan antara sel prokariotik dengan sel eukariotik.

Persamaan dan Perbedaan Sel Prokariotik & Eukariotik

Perbedaan dan persamaan sel eukariotik dan prokariotik dapat diamati pada ilustrasi ini (sumber gambar: Shutterstock)

Persamaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pengepakan DNA Sel Prokariotik dan Eukariotik

DNA sel eukariotik di-packing dalam bentuk kromosom dan dilindungi oleh membran inti yang terdiri dari lapisan bilayer lipid. Umumnya, sel eukariotik memiliki lebih dari satu kromosom.

pengepakan DNA pada sel eukariotik

DNA sel prokariotik tidak di-packing dengan histon (kecuali beberapa jenis Archaea) dan tidak dilindungi membran. DNA pada sel prokariotik mengalami proses pengepakan yang disebut sebagai supercoiling.

Sel prokariotik umumnya hanya memiliki sebuah kromosom sirkuler tunggal. Meski demikian, terdapat beberapa bakteri yang memiliki dua kromosom sirkuler. Misalnya pada Rhodobacter sphaeroides dan Vibrio cholerae.

Kromosom sirkuler bakteri ini umumnya ditemukan di daerah yang disebut sebagai nukleoid.

DNA supercoiling pada Bakteri/Arkhea
© 2010 Nature Education All rights reserved. View Terms of Use

Bacaan lebih lanjut: Beyond Prokaryotes and Eukaryotes – Nature Scitable

Ekspresi Gen dan Modifikasi mRNA

Ukuran dan Letak Ribosom

Ribosom sel prokariotik (70S) umumnya berukuran lebih kecil dibandingkan ribosom sel eukariotik (80S). Sub-unit kromosom besar dan kecil prokariotik masing-masing berukuran 50S dan 30S. Sel eukariotik memiliki sub-unit yang lebih besar yakni 60S dan 40S.

Ribosom sel prokariotik lebih kecil dibanding ribosom sel eukariotik

Letak ribosom sel prokariotik terpencar pada seluruh bidang sitoplasma. Pada sel eukariotik, ribosom terletak di retikulum endoplasma kasar dan melekat pada membran inti.

Penyusun Dinding Sel

Komponen utama dinding sel prokariotik, khususnya Fillum Bacteria, adalah peptidoglikan. Sel Archaebacteria tidak memiliki peptidoglikan. Dinding selnya dapat tersusun oleh pseudopeptidoglikan, polisakarida, glikoprotein, atau dinding protein.

Beberapa sel prokariotik tidak memiliki dinding sel. Membran selnya diperkuat oleh senyawa yang disebut lipoglikan. Pada bakteri Mycoplasma, terdapat akumulasi senyawa sterol yang membantu sel tersebut bertahan di lingkungan ekstrem.

Sel eukariotik yang memiliki dinding sel adalah sel tumbuhan, Algae, dan Cendawan. Dinding sel tumbuhan dan alga umumnya tersusun atas polisakarida. Bedanya, polisakarida sel tumbuhan terdiri dari selulosa (hemiselulosa, pektin, dll), sedangkan dinding sel alga terdiri dari selulosa, karagenan, glukan, dan beberapa jenis glikoprotein.

Dinding sel cendawan umumnya tersusun atas: kitin, glukan, mucopolysaccharides, mannanoprotein, beberapa jenis polisakarida lain, lilin, dan beberapa jenis pigmen.

Sistem Endomembran

Organel sel eukariotik umumnya memiliki sistem endomembran sendiri. Misalnya pada plastida, mitokondria, badan golgi dan retikulum endoplasma.

Di sisi lain, sel prokariotik tidak memiliki sistem organel ini. Oleh karena itu, sel bakteri/archaea nampak lebih polos dibanding sel eukariotik.

Tabel Perbedaan Prokariotik & Eukariotik

KarakteristikSel ProkariotikSel Eukariotik
Ukuran sel (diameter μm )0.2-2.010-100
AnggotaBakteri dan ArkheaAlga, hewan, protista, cendawan
Jumlah selUniselulerUniseluler-multiseluler
Membran intiAbsenAda
Sistem endomembranAbsenAda
Dinding selAdaAda (tumbuhan, alga, cendawan)
Steroid pada membran selJarangYa
Ukuran ribosomKecil (70S)Besar (80S)
Pembelahan selPembelahan binerMitosis
Jumlah kromosom1-2Banyak (>2)
Bentuk kromosomSirkulerLinear
GenOperonGen tunggal
Ekspresi genmRNA polisistronikmRNA monosistronik
Packing DNASupercoilingDililitkan pada protein histon
Reproduksi seksualKonjugasiMeiosis dan pembentukan gamet
Tabel Perbedaan Prokariotik & Eukariotik

QnA Sel Prokariot dan Eukariot

Apa persamaan sel eukariotik & prokariotik?

1. Sama-sama memiliki materi genetik penentu sifat dan fungsi sel
2. Sama-sama memiliki membran sel yang memisahkan sel dengan lingkungan ekstrasel
3. Sama-sama memiliki sitoplasma/sitosol yang terdiri dari air, mineral, dan biomolekul
4. Sama-sama memiliki ribosom yang berfungsi sebagai pabrik protein

Apa perbedaan utama sel prokariotik dan eukariotik?

sel eukariotik dan prokariotik dibedakan berdasarkan ada tidaknya membran inti. DNA sel prokariotik ‘berbentuk’ sirkuler yang dipacking supercoiling, sedangkan DNA eukariotik adalah benang linear yang dililit pada protein histon, dan di-packing menjadi kromosom.

Gen prokariotik menghasilkan mRNA polisistronik sedangkan eukariotik monosistronik (one gene, one protein). Selain itu, sel prokariotik juga berukuran lebih kecil, tidak memiliki sistem endomembran, dan tidak memiliki fase pembelahan meiosis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.6 / 5. Vote count: 26

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Sel Prokariotik & Eukariotik: Perbedaan & Persamaan

by Laila Karomah time to read: 2 min
0