Tanya Jawab Seputar Mikrobiologi

4.3
(12)

Mikrobiologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang populer. Perkembangan mikroskop telah berperan banyak dalam perkembangan ilmu mikrobiologi. Perkembangan Ilmu mikrobiologi ini menjadikan peranannya sangat dibutuhkan pada banyak bidang, diantaranya; kesehatan, pertanian, pangan, lingkungan, industri, air, dan beberapa bidang lain.

Pada artikel ini Kami merangkum beberapa tanya jawab umum seputar perkenalan mikrobiologi.

bapak mikrobiologi
Anton van Leeuwenhoek, Bapak Mikrobiologi

Tanya Jawab Seputar Mikrobiologi

Apa Itu Mikrobiologi?

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme. Mikroorganisme adalah organisme yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang seperti bakteri, cendawan (khamir dan kapang), dan virus. Ahli mikrobiologi mempelajari organisme ini menggunakan alat dan metode khusus seperti mikroskop, genetika, analisis biokimia dan pembiakan mikrob di laboratorium.

Apa Peranan Mikrobiologi dalam Kehidupan?

Mikrobiologi berperan mempelajari banyak aspek kehidupan yang berhubungan dengan mikroorganisme: Menjaga keamanan dan ketahanan pangan, pencegahan dan pengobatan penyakit, pengembangan teknologi ramah lingkungan, dan mempelajari mikrob yang berperan penting pada perubahan iklim, peningkatan produktivitas tanaman, dll hingga mikroorganisme yang berperan dalam perubahan iklim global.

Aspek Apa Saja yang Dipelajari dalam Mikrobiologi?

peranan mikroorganisme di bidang pertanian

Kelompok utama mikroorganisme yang dikaji dalam mikrobiologi saat ini adalah virus, bakteri, archaea, jamur, dan virus. Ruang lingkup mikrobiologi berkaitan dengan bentuk, struktur, reproduksi, fisiologi, klasifikasi metabolisme, dan pemanfaatan mikroorganisme tersebut dalam banyak bidang: Pertanian, kesehatan, bioteknologi, ekologi, dll

Apa Saja Cabang-cabang Mikrobiologi?

analisis mikrobiologi

Cabang-cabang utama/murni mikrobiologi antara lain:
1. Taksonomi: Cabang ilmu yang mengelompokkan dan mengklasifikasi mikrob serta mengkaji peranannya.
a. Bakteriologi: Mempelajari sifat-sifat dan peranan bakteri dan arkhea
b. Mikologi: Mempelajari sifat-sifat dan peranan cendawan (Fungi)
c. Virologi: Mempelajari sifat-sifat dan patologi virus

2. Genetika mikrob: Genetika mikrob mempelajari dogma genetik (jenis gen, perbanyakan gen, proses penerjemahan kode genetik, dan pewarisan sifat) pada mikroorganisme

3. Fisiologi Mikrob: Mempelajari struktur, metabolisme, dan pertumbuhan mikroorganisme

4. Ekologi mikrob: adalah studi tentang interaksi mikroorganisme dengan lingkungannya: Antara satu mikrob dengan mikrob lain,dengan spesies tanaman dan hewan. Ekologi mikrob mempelajari simbiosis, siklus biogeokimia dan interaksi mikroba dengan efek antropogenik seperti polusi dan perubahan iklim.

5. Mikrobiologi terapan: Disiplin ilmu yang mempelajari pemanfaatan mikrob dan karakteristik yang mereka miliki. Beberapa contoh mikrobiologi terapan adalah sebagai berikut:
a. Bioteknologi mikrob
b. Mikrobiologi kesehatan
c. Mikrobiologi pertanian
d. Mikrobiologi pangan
e. Mikrobiologi industri

Apa Manfaat Mempelajari Mikrobiologi?

Mikrobiologi berperan mempelajari jenis dan sifat-sifat mikroorganisme. Karakteristik tadi dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit akibat mikrob patogen serta untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia terutama di bidang bioteknologi, pangan, pertanian, dan industri.

Bagaimana Mikrobiologi Berkembang?

Sejarah mikrobiologi berawal dari Anton van Leeuwenhoek yang mengamati mikroorganisme pada setetes air dengan menggunakan mikroskop yang ia buat sendiri (1675). Karena penemuan ini, ia dikenal sebagai bapak mikrobiologi.

Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur yang mendeteksi dan mempelajari pertumbuhan mikrob, Ferdinand Julius Cohn yang mempelajari bentuk-bentuk bakteri, dan Robert Koch yang menyatakan bahwa ada mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Koch juga menyusun postulatnya yang terkenal.

Siapakah Bapak Mikrobiologi

bapak mikrobiologi modern

Antoni van Leeuwenhoek sering disebut sebagai bapak mikrobiologi karena penemuannya memicu bidang ilmu ini berkembang. Selain van Leeuwenhoek, Louis Pasteur juga dikenal sebagai bapak mikrobiologi modern. Alasannya adalah penemuannya yang penting antara lain: Sterilisasi, dasar vaksinasi, fermentasi, dan pasteurisasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.3 / 5. Vote count: 12

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Tanya Jawab Seputar Mikrobiologi

by Laila Karomah time to read: <1 min
0